kegunaan website pribadi

Banyak Manfaatnya, Yuk Ketahui Kegunaan Website Pribadi!

Kegunaan website pribadi– Teknologi memudahkan banyak orang dalam mengerjakan berbagai macam kebutuhan secara praktis dan efisien, salah satunya dengan adanya internet yang secara virtual menghubungkan satu orang dengan lainnya secara global tanpa batasan ruang dan waktu.

Nah, dalam mengakses internet, berbagai macam hal dapat kamu lakukan, mulai dari mencari informasi hingga mempromosikan bisnis, dan salah satu platform yang bisa diandalakan adalah sebuah website pribadi. Ternyata, banyak hal menarik yang bisa kamu ketahui terkait memiliki website pribadi, lho! Apa saja, ya? Yuk simak bersama-sama, Sobat!

Apa itu website?

Kegunaan website pribadi
Foto oleh Alexander Suhorucov dari Pexels

Sebelum kamu mengetahui kegunaan website pribadi, sebenarnya kamu tahu nggak sih apa itu website, Sobat?

Singkatnya, website (situs) merupakan rangkaian halaman yang tergabung dalam satu domain dan menyajikan berbagai macam informasi sesuai minat hingga tujuan pemilik website. Ambil contoh sederhananya adalah website Sitemaya dengan alamat www.sitemaya.com.

Di website Sitemaya, kamu akan menemukan berbagai macam informasi hingga layanan yang berhubungan dengan website, mulai dari sejarah, kegunaan, hingga cara membuat website dengan mudah dan menyenangkan.

Berbagai macam konten pun bisa kamu masukan ke dalam halaman website, Sobat. Mulai dari teks, gambar, audio, hingga video. Namun, banyaknya konten yang kamu gunakan juga harus diperhatikan ketersediaan storage-nya, ya! Supaya nanti performa website kamu tetap terjaga dan anti-lag akibat media penyimpanan yang terbatas.

Unsur utama website

Sebelum bisa ditampilkan secara publik di internet, ternyata website mempunyai beberapa unsur utama hingga akhirnya menjadi sebuah halaman yang menyajikan berbagai macam informasi, lho. Setiap komponen terhubung satu sama lain sehingga website dapat berfungsi dengan optimal, termasuk dalam meningkatkan kegunaan website pribadi.

1. Hosting

Kehadiran hosting sebagai media penyimpanan secara online tentunya sangat membantu banyak orang, terutama kamu yang mempunyai website dan nggak ingin kehabisan storage supaya performa website memburuk.

Kalau kamu ingin menampilkan berbagai macam konten, tentunya kapasitas memori yang dibutuhkan juga semakin besar dong ya, Sobat? Maka dari itu, gunakan hosting yang kapasitas memorinya besar atau bisa juga kamu memilih unlimited hosting untuk memberikan kebebasan dalam mengunggah berbagai macam konten yang dibutuhkan.

2. Bahasa pemograman

Meskipun saat ini membuat website bisa diciptakan dengan mudah, akan tetapi kamu nggak bisa mengabaikan bahasa pemograman sebagai komponen penting dalam penyusunan sebuah website.

Fungsi dari bahasa pemograman sendiri adalah mempermudah kamu dalam menjalankan berbagai macam perintah di dalam website sekaligus menjadikan performanya lebih dinamis. Beberapa bahasa pemograman populer yang sering diterapkan pada website mulai dari Java Script, PHP, HTML hingga ASP.

3. Domain

Domain merupakan rangkaian nama dalam sebuah alamat website yang memudahkan banyak pengguna dalam menemukan sebuah halaman di internet. Nama domain paling umum seperti .com, .id, .net, .org hingga .edu.

4. Desain

Meskipun terlihat sederhana, akan tetapi jangan sampai mengabaikan tampilan desain di sebuah website ya, Sobat! Penggunaan warna, layout, jenis tulisan (font), ketersediaan fitur dan proposisi widget juga patut diperhatikan supaya nantinya tetap nyaman dilihat oleh para pengguna. Banyak lho website banjir visitors karena tampilan sebuah website menarik.

5. Isi konten

Isi konten menjadi esensi penting dalam sebuah website. Jadi, kamu harus tahu nih Sobat konten apa yang ingin kamu tonjolkan, sehingga para visitors yang menemukan website kamu tahu apa yang ditampilkan.

Contoh sederhananya, jika kamu membuat website dengan niche kuliner dengan nama www.ayomasaksehat.com, maka segala macam konten seperti tutorial, resep hingga tips memasak bisa kamu cantumkan di website tersebut. Alhasil, para visitors akan mengetahui jika website yang kamu miliki membahas seputar kuliner dan cara memasak.

Ragam-ragam website

Kalau kamu berpikir jika website hanya terdiri dari satu jenis saja, ternyata kamu salah, Sobat! Ada tiga ragam website yang wajib banget kamu ketahui, nih. Apa saja, ya?

1. Website bersifat interaktif

Kamu tentunya sudah nggak asing bahkan sering menggunakan media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Twitter, bukan? Nah, tiga media sosial tersebut termasuk dalam website yang bersifat interaktif.

Hal ini dikarenakan website bersifat interaktif, sehingga siapa saja yang mengakses website tersebut bisa berinteraksi dengan orang lain di waktu yang bersamaan secara real-time.

2.Website bersifat statis

Website bersifat statis diperuntukan bagi kamu yang ingin membuat company atau organization profile. Jadi, isi konten yang disematkan pada halaman website tersebut nggak begitu banyak pengubahan dan mungkin saja hanya dilakukan kostumisasi dari layout-nya saja, seperti warna hingga desainnya.

3.Website bersifat dinamis

Nah, website bersifat dinamis bisa dilakukan pengubahan sesuai dengan kebutuhan dan zaman. Salah satu contohnya adalah website pribadi (kamu bisa membuat portofolio atau online shop) atau online magazine. Masing-masing dari website tersebut nggak bersifat kaku dan bisa disesuaikan, seperti ditambah kolom komentar atau link menuju media sosial lainnya.

Kegunaan website pribadi

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Setelah kamu mengetahui berbagai macam hal terkait website, apakah tertarik untuk membuat website pribadi? Jika iya, kamu harus tahu nih Sobat kalau kegunaan website pribadi ternyata memberikan banyak manfaat, lho!

1. Tampilan situs profesional

Salah satu kegunaan website pribadi yang bisa kamu peroleh adalah menjadikan tampilan jauh lebih profesional. Tentunya jika dibandingkan dengan blog gratisan, tampilannya nggak akan semenarik dengan website berbayar.

Selain itu, fitur dan desain yang ditawarkan juga lebih bervariatif, sehingga bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

2. Hemat dan untung

Masih banyak yang menganggap jika mempunyai website pribadi membutuhkan biaya besar dan terkesan boros. Padahal, jika dilihat dalam jangka panjang, kegunaan website pribadi jauh lebih hemat dan memberikan banyak keuntungan.

Dengan memiliki website pribadi, kemungkinan kamu dapat menyematkan iklan dan bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah ketika visitors mengunjungi website kamu, terlebih lagi jika konten yang disuguhkan menarik, maka kemungkinan besar naiknya traffic akan mempengaruhi jumlah klik iklan di website kamu. Asyik, kan?

3. Memperbesar peluang pekerjaan

Banyak yang menyepelekan jika website pribadi hanya sekedar sebagai kebutuhan sampingan saja. Padahal, sebuah website bisa memberikan peluang besar bagi kamu yang ingin mencari pekerjaan lho Sobat karena sebesar 56% para HRD mempunyai ketertarikan lebih pada kandidat yang memiliki website pribadi.

4. Bebas berkreasi

Website berbayar memberikan kemudahan untuk kamu dalam mengkreasikan tampilan dan fungsi sesuai keinginan dan kebutuhan, sehingga website kamu terkesan autentik dan unik.

5. Website mudah ditemukan

Salah satu tujuan membuat website pribadi adalah mengundang para visitors dan menaikan traffic tanpa mengesampingkan tipe konten apa yang ingin kamu unggah. Dengan mempunyai website berbayar, tentunya kemungkinan besar situs kamu muncul di halaman pertama Google juga semakin besar, Sobat!

Gimana nih, Sobat? Ternyata, kegunaan website pribadi itu banyak ragamnya, lho! Untuk kamu nih yang mau bikin website tapi nggak ngerti secara sistematis terkait pembuatannya, Sitemaya punya solusinya dengan menghadirkan layanan membuat website mudah dan cepat.

Banyak banget fitur yang bisa kamu peroleh, seperti template dan plugin premium, drag & drop builder hingga dibekali dengan server CDN yang bisa bikin website kamu melesat cepat tanpa hambatan! Yuk buat website pribadi sekarang juga di Sitemaya!

WeCreativez WhatsApp Support
Ada pertanyaan seputar SiteMaya? Kami siap bantu kamu, loh!
👋 Halo, apa yang bisa kami bantu hari ini?
Scroll to Top